Sabtu, 02 Maret 2013

Boneka Paro; Boneka Terapi Bencana Setelah Tsunami Jepang

http://www.japantrendshop.com/pictures/paro-robotic-healing-seal-1.jpg 
Minna san ohayou ^^/
kawai sekali boneka diatas ya teman ^^ namanya "Paro"
Menurut artikel digital Halo Jepang | Senin, 15 Oktober 2012 00:35melansir bahwa;
“Paro”, robot terapi buatan National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) di Kota Tsukuba Prefektur Ibaraki, akhir-akhir ini populer di Jepang dan luar negeri karena terbukti dapat menenangkan dan mengurangi depresi pasien dementia.
“Paro” dilengkapi sensor visual, sentuh, dan suara, yang diprogram untuk mengenali setiap perilaku manusia, sehingga dapat memberikan respon dengan menggerakkan 7 bagian tubuhnya.

Sejumlah tesis akademik telah menuliskan banyaknya kemajuan yang dialami pasien melalui terapi dengan robot anjing laut. Salah satunya, dialami Wakabayashi Tomoe (92 tahun), yang tinggal di fasilitas khusus bagi penderita dementia di Kota Yokohama Prefektur Kanagawa.

Wakabayashi mulai merasa kesulitan mengingat masa lalunya sejak 5 tahun silam, dan tinggal di fasilitas khusus penderita dementia sejak Oktober 2011, setelah melakukan tindakan kekerasan terhadap keluarganya sendiri.

Saat pertama kali tinggal di fasilitas itu, Wakabayashi selalu duduk sendirian di kamarnya dan tidak berbicara dengan sesama penderita dementia. Bahkan pada saat makan malam, seringkali memaksa petugas di fasilitas mengizinkannya kembali ke rumah.

Namun, sejak menghabiskan waktu bersama Paro, Wakabayashi mengalami banyak perkembangan, termasuk dapat mengingat kembali kenangan saat dirinya membesarkan anak dan cucunya.

“Kami sangat terkejut ternyata Paro memiliki pengaruh terapi yang jauh lebih baik dari yang kami bayangkan sebelumnya,” ujar manajer fasilitas khusus penderita dementia tersebut, Kawasaki Misako. “Bersama dengan Paro mungkin mengingatkannya kembali pada momen-momen bahagia, yang sepertinya memberikan banyak energi untuk Wakabayashi.”

Sejak pertama kali dijual tahun 2005, lebih dari 2,200 unit Paro telah diproduksi untuk pasar Jepang dan luar negeri. Di AS, Paro digunakan sebagai salah satu peralatan medis Administrasi Obat dan Makanan AS, sedangkan di Denmark Paro banyak digunakan di rumah sakit dan panti jompo. Namun di Jepang sendiri, robot anjing laut ini digunakan sebagai hewan peliharaan.

Sejumlah ahli menyatakan, penggunaan robot seperti Paro tidak akan menimbulkan resiko penularan penyakit atau gigitan, seperti saat memelihara hewan asli, sehingga aman jika dipelihara lansia atau bahkan anak kecil.

Karena dilengkapi dengan teknologi tinggi dan terbukti dapat mengurangi depresi pada setiap orang, Paro dijual sekitar 400,000 yen. Harga ini akan berkurang setelah Paro banyak digunakan di berbagai negara di dunia. 

selain itu, boneka paro memang terbukti dapat mengurangi trauma pada korban tsunami, terbukti dengan pernyataan yang dilansir pada harian digital TOKYO, KOMPAS.com | Selasa, 2 Agustus 2011 | 10:03 WIB - Di rumah jompo Suisyoen, yang terletak sekitar 30 km dari reaktor nuklir Fukushima Daiichi, Jepang, para lansia yang menjadi korban gempa dan tsunami mendapat penghiburan dari robot putih berbulu tebal.
Robot yang mirip boneka pada itu dinamai Paro dan merupakan hadiah dari Daiwa House. Harga sewa boneka yang anti-bakteri itu sebenarnya 12.000 yen (Rp 1.3 juta). Namun rumah jompo itu tidak perlu membayar sepeserpun untuk menggunakannya.

Robot Hibur Lansia Korban Tsunami
(Para lansia yang tinggal di rumah jompo Suisyoen, Jepang, bermain dengan Paro, robot berbentuk boneka, sebagai terapi trauma pascatsunami)

Meskipun rumah jompo itu relatif tidak rusak dalam gempa itu, penghuninya terpaksa mengungsi selama dua bulan akibat kekhawatiran radiasi nuklir dari reaktor nuklir Fukushima.
Saat ini para penghuni Suisyoen memiliki dua Paro yang masing-masing dinamai "Love" dan "Peace". Banyak penghuni Suisyoen yang betah memeluknya selama berjam-jam
"Jika saya memeluknya, rasanya kalau ada topan pun saya merasa aman," kata Satsuko Yatsuzaka (85).
Boneka singa laut itu memang dirancang seperti hewan sesungguhnya. Boneka berbulu lembut itu bisa berkedip. Bila diperintahkan, siripnya bisa bertepuk seperti tangan.
"Paro sama lucunya dengan makhluk hidup dan setiap orang di sini merawatnya setiap hari," kata Ayako Shizo, yang kehilangan rumah akibat terjangan tsunami.
"Kalau baterainya habis, Paro berhenti bergerak. Namun kalau matanya terbuka, setiap orang langsung mengerumuninya dan mengajaknya berbicara, menanyai kabarnya, dan sebagainya," lanjut Shizo.
 
cara yang unik untuk memulihkan trauma akibat bencana tsunami ya teman-teman, salam dariku, ja mata ^^/
 
sumber: 
http://www.japantrendshop.com/pictures/paro-robotic-healing-seal-1.jpg
http://gadget.gopego.com/2012/02/paro-robot-anjing-laut-bantu-korban-tsunami-jepang-hilangkan-trauma
http://www.halojepang.com/sosial-pendidikan/5750-paro
http://nasional.kompas.com/read/2011/08/02/10030346/Robot.Hibur.Lansia.Korban.Tsunami 
 
Poskan Komentar