Selasa, 05 Februari 2013

Tas sekolah siswa SD Jepang "Randoseru" / 日本 小学校 の 学生 の 鞄 "ランドセル"

 

Minna san, mungkin pernah lihat tas-tas lucu diatas yang muncul di anime, dorama, atau movie Jepang yang biasanya digunakan sebagai tas untuk siswa SD (小学校) di Jepang ya? mungkin ada dari teman-teman yang bertanya mengapa bentuk tas mereka sama? nama tas tersebut "ランドセル/ Randoseru" berikut ini artikel mengenai "Randoseru" yang Ery susun berdasarkan pengalaman pribadi artikel yang ditulis oleh Ibu Nur Aeni Purnomo, seorang jurnalis Harian Digital Kompas terbitan|28 December 2012 | 14:41, saat beliau berada di Jepang, berikut laporanny: ^^a
Randoseru adalah tas berukuran cukup besar terutama untuk anak-anak yang baru masuk kelas satu. Warnanya pun rata-rata hanya Hitam atau Merah. Namun sekarang sudah mulai banyak warna-warna lain seperti pink, biru muda dan biru tua. Harganya jangan dikira. Satu randoseru yang bagus harganya sekitar 35.000 Yen atau sekitar 4 juta rupiah. Tas ini terbuat dari bahan kulit yang bagus dan rangka yang kuat sehingga wajar saja bila harganya sangat mahal.
contoh tas "Randoseru" yang sering dipakai Nobita di anime Doraemon @~@
http://1.bp.blogspot.com/-8Pz8igUnGIw/Tds8_lFe0gI/AAAAAAAACJg/kcmB2j8VWiE/s1600/5427711925_d6ca684ff0_o.jpg 
Berbagai model tas rundoseru yang ditawarkan
Tapi, kenapa anak SD harus pakai Randoseru sedangkan anak SMP dan SMP di Jepang tidak diwajibkan?Dari percakapan saya dengan seorang Nihonjin (orang asli jepang-Red), ada beberapa alasan sehingga anak SD diwajibkan memakai tas ini.
Alasan yang pertama adalah untuk membentuk tulang punggung yang lurus. Coba anda perhatikan bagian belakang Randoseru yang terlihat berat dan kokoh itu. Bagian yang melekat di punggung anak begitu rata dan masiv. Tidak seperti tas-tas punggung biasanya yang mudah menekuk atak bisa menyesuaikan punggung si anak. Namun dengan memakai tas ini punggung si anak dibiasakan untuk tegak dan lurus, baik saat berjalan maupun saat duduk (kecuali tas dilepas-Red). Alasan yang masuk akal sekali karena masa-masa usia 6 hingga 12 tahun adalah masa pertumbuhan anak yang pesat serta masa pembentukan postur tulang. Jika sejak kecil, bahkan selama 6 tahun tulang punggung dibiasakan tegak dan lurus maka dikemudian hari akan terbentuk postur tubuh yang tegap dan tidka membungkuk.
http://cyrem.org/freewill/wp-content/uploads/2011/01/randoseru.jpg
 Alasan yang kedua adalah untuk menjaga anak agar tidak terluka di bagian belakang kepala (Otak-Red) jika dia mengalami kecelakaan di jalan. Nah..alasan yang lagi-lagi beralasan, karena tas ini kokoh dan bentuknya masiv, dengan ketebalan yang lumayan sehingga jika terjadi hal yang buruk seperti kecelakaan, maka tas yang menonjol ini akan melindungi kepala bagian belakang yang merupakan rumah bagi otak si anak. Sungguh saya tidak pernah berfikir sejauh itu sebelumnya. Meskipun sejak awal saya yakin pasti ada alasan kenapa anak SD diwajibkan menggunakan Randoseru. Ternyata alasan kedua adalah untuk keselamatan si anak jika terjadi kecelakaan. Sebab jika kapa bagian belakang yang terbentur maka dapat mengakibatkan hal-hal buruk lain.
Alasan ketiga yang disampaikan Tanaka Saya San (nama Nihonjin nya-Red) adalah agar mudah dikenali. Alasan ini cukup sederhana sebenarnya. Meskipun mereka juga menggunakan seragam namun ternyata tas ini juga merupakan identitas yang cukup membantu. Karena warnanya yang mencolok sehingga ketika anak tersesat di kerumunan akan mudah dikenali dari tas punggungnya.
 http://www.longcountdown.com/images/japaneseschoolbag.jpg
Nah…ternyata para pemikir pendahulu di Jepang sudah sedemikian jauh memikirkan generasi mudanya dengan memberikan kewajiban anak SD mereka memakai Randoseru. Memang harganya luar biasa mahal, namun tas ini bahkan bisa dipakai turun temurun, atau jika tak punya uang cukup, terutama bagi kami pelajar Indonesia, maka kami bis amencarinya di toko-toko second hand dengan harga yang lebih murah dan kualitas tetap bagus.
Nah demikian artikel mengenai Randoseru, apakah teman-teman berminat membeli tas ini?? kekeke, ja mata ^^/
sumber:
http://sosbud.kompasiana.com/2012/12/28/randoseru--520418.html
http://cyrem.org/freewill/wp-content/uploads/2011/01/randoseru.jpg
http://www.longcountdown.com/images/japaneseschoolbag.jpg
 
 
 
Poskan Komentar